Selasa, 20 Oktober 2015

Sistem Perkawinan yang ada di Nias




Perkawinan Di Pulau Nias, adatnya sangat di junjung tinggi sekali. misalnya, kalau ada pesta pernikahan. Di Nias nilai buat pesta pernikahan itu sangat mahal sehingga beda sama di daerah lain.

Umumnya, orang dari luar Nias yang pernah ke Pulau Nias selalu memiliki kesan: mahar, jujuran (böwö, gogoila) perkawinan Nias mahal! Oleh karena itu, ketika mereka mau menikah dengan gadis Nias ada semacam ketakutan, keengganan, keragu-raguan. Dan, tentu hal ini adalah kesan buruk! Ada apa dengan sistem adat perkawinan Nias?

Karena di dalam adat Nias Nilai-nilai adat itu harga mati atau tidak boleh di lewati begitu saja, itu sebabnya Acara pernikahan di nias sangat butuh persiapan matang. untuk memenuhi segala persyaratan nanti pada acara pesta nikah nantinya.

Tentu nilai mahar atau jujuran yang sangat mahal menyebakan dampak negatif bagi pasangan yang baru nikah. Gara gara dengan jujuran yang sangat mahal pasti mereka berusaha untuk melunasi itu semua sebelum mereka merencanakan yang lain.
Tetapi pada zaman yang semakin modern ini, Jujuran atau mahar yang sejak lama di berlakukan udah mulai ada perubahan meski perubahan itu gak terlalu kelihatan di masyarakat umum. tapi ada beberapa pesta nikah melakukan acara pesta nikah dengan cukup biaya buat pesta pada hari itu saja.

Kita berharap semoga depan dengan zaman yang semakin maju, bukan kita lupakan begitu saja dengan Adat Kakek kita yang memberlakukan mahar atau jujuran yang sangat tinggi, tapi bagaimana kita agar jujuran jangan membuat keluarga pasangan yang baru nikah beberapa bulan cuman fokus bayar utang yang sudah dipakai pada acara nikah. Mereka juga pasti memikirkan bagaimana kebutuhan mereka dan apa rencana mereka ke depan. Bukan cuman fokus memikirkan jujuran sehingga mereka rela pinjam uang buat memenuhi segala macam tersebut   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar