Selasa, 20 Oktober 2015

Mata Pencaharian Orang Di Nias

1. Pertanian
Bidang pertanian merupakan salah satu mata pencaharian utama bagi masyarakat Nias, terutama yakni tanaman pangan. Pertanian merupakan penunjang bagi keberlangsungan kehidupan bagi masyarakat Nias. 
Pertanian di Nias juga Pengolahannya semakin bagus. Dan pertanian salah satu sumber ekonomi di Nias
 
2. Perkebunan
Tanaman perkebunan yang ada di Kabupaten Nias adalah tanaman perkebunan rakyat. Perkebunan yang andalan orang nias yaitu  karet, kelapa, kakao dan beberapa komoditi yang lain seperti kopi, cengkeh, pala dan nilam. Hasil tanaman perkebunan rakyat dari Kabupaten Nias pada umumnya hampir seluruhnya dijual atau di ekspor keluar daerah dalam bentuk bahan mentah, melalui para pedagang baik lokal maupun luar daerah. Dari Perkebunan juga orang Nias bisa memenuhi kebutuhan setiap hari

3. Kehutanan
Kawasan Hutan di Nias bisa dibilang tergolong masih sangat Luas yang terdiri dari beberapa hutan antara lain : hutan lindung, hutan produksi, hutan produksi dan hutan konversi. Suhu di Nias juga sejuk beda dengan beberapa Kota yang ada di Indonesia
 
4. Peternakan
Peternakan juga termasuk mata pencaharian meskipun tidak semua orang Nias. Ternak yang paling dominan adalah ternak babi, kambing, sapi, kerbau, unggas berupa ayam dan itik.
 
5. Perikanan
Kebanyakan Perikanan manfaatkan bagi orang orang yang khususnya bermukim di daerah pesisir pantai Pulau Nias sebagai matapencaharian mereka, hasil produksi ikan di Nias antara lain terdiri dari produksi ikan laut, produksi ikan air tawar, ikan yang berasal dari sungai, ikan rawa, ikan kolam, dan ikan tambak.

6. Perindustrian
Di Nias terdapat beberapa unit perusahaan/usaha industri kecil. Dan masih tergolong Kurang, di Nias yang usaha industri yang berhasil adalah Perusaan Plastik (tali rafia dan kantong plastik).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar