Selasa, 20 Oktober 2015

Asal Usul Pulau Nias Secara Singkat

Asal usul Suku Nias adalah orang orang atau masyarakat yang hidup di Pulau Nias. Orang Nias menamakan diri mereka "Ono Niha" (Ono = anak/keturunan; Niha = manusia) dan pulau Nias sebagai "Tanö Niha" (Tanö = tanah). Sampai sekarang asal usul Nias masih menyimpan Misteri yang sebenarnya dengan banyak tanggapan dari Tokoh tokoh dan para peneliti Ilmiah memberikan suatu artikel tentang asal usul Pulau Nias.

Beberapa peniliti sejarah mengungkapkan kalau asal usul Orang Nias itu adalah berasal dari keturunan Negara VIETNAM itu terjadi waktu Perang Dunia I. ada seorang wanita dari kerajaan Vietnam dilarikan ke suatu pulau yang sekarang dikenal Pulau Nias. Memang bisa aja itu masuk akal kalau di lihat dari bentuk muka atau gaya rambut orang Nias kebanyakan mirip dengan orang orang Vietnam. 

Salah satu mitos juga mengungkapkan asal usul suku Nias berasal dari sebuah pohon kehidupan yang disebut "Sigaru Tora`a" yang terletak di sebuah tempat yang bernama "Tetehöli Ana'a". Menurut mitos tersebut di atas mengatakan kedatangan manusia pertama ke Pulau Nias dimulai pada zaman Raja Sirao yang memiliki 9 orang Putra yang disuruh keluar dari Tetehöli Ana'a karena memperebutkan Takhta Sirao. Ke 9 Putra itulah yang dianggap menjadi orang-orang pertama yang menginjakkan kaki di Pulau Nias

Tapi itu semua pendapat atau sumber yang di dapat dari berapa Tokoh dan para peneliti sejarah. makanya sampai sekarang asal usul Orang Nias masih belum di pastikan sumber yang tepatnya dari mana.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar