Selasa, 20 Oktober 2015

Akses Ke Nias

Pada masa lampau akses untuk ke Nias sangat susah. Tetapi sengan seiring perkembangan di dunia Teknologi Otomotif jalan akses sangatlah mudah.  Akses ke Nias mulai berkembang akibat Pemekaran Otonomi Daerah yang dulunya cuman Satu Kabupaten saja, sekarang sudah menjadi  4 kabupaten dan 1 kota madya.

Udara

Jarak tempuh menuju Kepulauan Nias berkisar 45 menit dari Bandar Udara Internasional Kualanamu (Medan) - Bandar Udara Binaka (Nias) dengan harga tiket antara Rp 400.000 s/d Rp 700.000. itu beda beda di akibatkan dengan Hari hari besar misalnya : Hari Natal, dan Hari Raya

Darat

  • Dari Pelabuhan Tanjung Priok menuju Pelabuhan Bukit Tinggi berkisar 2-3 jam dengan mengendarai Jasa Angkutan Laut. Diteruskan dengan Naik Bus jalur Provinsi menuju Kota Sibolga berkisar 3-4 hari lamanya. Kemudian dari Sibolga ke Nias mengendarai Jasa Angkutan Laut lagi berkisar 1 malam atau 12 jam lamanya.

Laut

  • Sesampainya di Pelabuhan Sibolga, perjalanan laut menuju Pelabuhan Gunungsitoli dapat memakan waktu 10 jam dengan menggunakan Kapal Penyeberangan dengan harga tiket sekitar Rp 80.000 s/d Rp 130.00. Kapal ini beroperasi setiap hari dengan jadwal keberangkatan Malam dan sampai di Gunungsitoli pagi hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar