Selasa, 20 Oktober 2015

Makanan Tradisional Khas Nias

Ini beberap macam makanan tradisional khas Nias :

GOWI NIFUFU 
Pada zaman dahulu,  Rata rata masyarakat Nias kalau makan pagi, siang dan malam, sebelum memakan nasi telebih dahulu memakan ubi, setelah merasa agak kenyang baru memakan nasi. Karena dulu bahan pokok seperti Nasi dan Roti kurang buat kebutuhan sehari hari. Kalo ada pun itu cuman bisa dibeli sama orang kelas menengah ke atas. Soalnya pada saat itu alat transportasi sangat jarang ke Nias. Beda sekarang dengan Nias yang semakin maju dan alat Transportasi semakin lancar, orang orang Nias kebutuhan tercukupi dengan Nasi dan berbagai macam makanan yang di Impor dari Luar Pulau Nias


1357614025136326493











LEHEDALÖ NIFANGE (DAUN TALAS YANG DIRENDANG) :
Ini makanan yang agak menantang untuk di makan sebernarnya. Bukan karena ada racun atau mengakibatkan penyakit. Tetapi kalau seseorang yang baru makan ini pasti merasa Tenggorokan terasa gatal tapi itu cuman terjadi kalau pertama kali makan saja


13576138711864456424

DODOL DURIAN  Dengan Nias yang Perkebunannya termasuk Luas, beberapa Petani juga memiliki beberapa Pohon Durian dijadikan sebagai sumber mata pencaharian. Pada musim buah durian di Nias yang pada masa lampau musimnya adalah pada bulan Juli dan Agustus. namun saat ini musim durian di Nias sudah tidak teratur lagi dan hampir bisa ditemukan sepanjang tahun di Nias.

TUO NIFARO (TUAK SULING)
Selain makanan, Nias juga memiliki minuman khas yakni TUO NIFARÖ (tuak suling) ini juga termasuk minuman yang disukai orang Nias. Selain rasanya yang Panas dan bisa juga buat kesehatan Tubuh.
Tapi kebanyakan orang Nias mengkonsumsi dalam jumlah banyak sehingga bisa membat orang bisa mabuk sama seperti minuman Alkohol lainnya kalo terlalu cara minumnya over atau kelebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar