Selasa, 20 Oktober 2015

Pariwisata yang ada Di Pulau Nias

1. Hombo Batu


Hombo Batu atau dalam Bahasa Indonesia adalah "Lompat Batu" terletak di sebelah selatan Pulau Nias. Sekarang daerah itu dikenal Kabupaten Nias Selatan ibukotanya yaitu Teluk Dalam. Hombo Batu ini sebenarnya tidak terletak di ibukota Nias Selatan tetapi disuatu kampung yang namanya "Desa Bawomataluo" jarak dari Teluk Dalam ke Bawomataluo kurang lebih 3 km.

Pada masa lampau, pemuda Nias akan mencoba untuk melompati batu setinggi lebih dari 2 meter ini, dan jika mereka berhasil maka  mereka akaan menjadi lelaki dewasa dan dapat bergabung sebagai prajurit untuk berperang dan menikah. Sebagai ritual, fahombo dianggap sangat serius dalam adat Nias. Anak lelaki akan melompati batu tersebut untuk mendapat status kedewasaan mereka, dengan mengenakan busana pejuang Nias, menandakan bahwa mereka telah siap bertempur dan memikul tanggung jawab laki-laki dewasa.

Awalnya Hombo Batu (Lompat Batu) menghubungkan aktivitas fisik dengan praktik kesukuan umumnya ritual, seni, kebugaran fisik dan bela diri. Tapi dengan banyaknya Turis dari Luar dan dari Dalam Negeri, sekarang Hombo Batu termasuk Tempat Wisata yang terkenal selain di Provinvi di Bali

Dan Tentunya kita tidak lupa dengan Uang Kertas yang senilai Rp1000 ini. Uang ini masih berlaku sekitar tahun 90an tapi sekarang dengan berbgai macam uang yang di Produksi dari BI jadi uang Rp1000 yang ada Hombo Batu sepertinya tidak dipergunakan lagi.


2. Pantai Sorake
Pantai ini juga termasuk salah daya tarik Para Turis untuk menikmati keindahan Alam. Orang orang bilang ini pantai nomor 2 di Indonesia setelah Bali. Alhasil, Pantai ini sampai sekarang masih digemari Turis Luar Negeri buat Surfing
3. Pulau Asu
Dengan namanya yang aneh, tapi sejarah juga belum bisa menjelaskan kenapa pulau itu dinamakan Pulau Asu. Pulau ini tergolong kecil bahkan jarang orang kesana kecuali para nelayan, Pulau ini terletak di bagian barat Pulau Nias. Meski tergolong jarang dikenal orang tapi Pulau ini sering di kunjungi Turis dari Luar Negeri untuk Surfing. Keindahan pantainya di kalah dengan Pantai Sorake dan juga ombaknya yang amat besar.



1 komentar:

  1. The casino is rigged - Dr.md
    A blackjack 원주 출장안마 dealer, with his card in a white 천안 출장마사지 background and 과천 출장안마 his 부산광역 출장샵 face with his own face covered in black clothing, 태백 출장샵 may not stand a chance to lose anything at all.

    BalasHapus